Saturday, November 8, 2008

Asus vs Gigabyte

Perseteruan dua produsen besar komponen komputer, yang sebelumnya sempat berniat memiliki kerja sama dalam memproduksi motherboard, semakin meruncing. Tidak hanya persaingan dalam hal teknologi. Bahkan perseteruan antara Asus dan Gigabyte belakangan ini mengarah ke kampanye negative, yang akhirnya menyebar.

Dimulai dengan klaim teknologi, terkait dengan urusan penghematan konsumsi daya. Sebuah topic yang menjadi hangat dibicarakan, seiring dengan berkembangnya tren green computing. ASUS dengan teknologi EPU (Energy Processing Unit), dan Gigabyte dengan teknologi DES (Dynamic Energy Saver).

Salah satu pihak dianggap menggunakan kekuatan media untuk menggalang opini tentang teknologi yang digunakan dari pihak pesaingnya. Hasil publikasi dari opini tersebut menjadi awal perseteruan kedua belah pihak, yang saling melemparkan respon resmi ke sejumlah media di dunia.

Perseteruan masalah ini, kini dapat dikatakan mulai mereda. Perang pernyataan resmi mulai berkurang, dan diharapkan kedua belah pihak akan lebih focus untuk pengembangan dari sisi teknologi dan feature, yang akan dirasakan secara nyata oleh end-user.




No comments: